Monthly Archives: Juli 2019

Tim II KKN Undip Ikut Serta Dalam Mengisi Kegiatan PKK di Bulan Juli

Category : PKK

Rabu (17/7), diadakan kegiatan perkumpulan para ibu yang diselenggarakan oleh anggota PKK. Kegiatan tersebut dimulai sejak pukul 9 pagi dengan bertempat di Balai Desa. Antusias terlihat di dalamnya, terbukti dengan dihadirinya kegiatan oleh para pengurus PKK, para ibu, perangkat desa, puskemas, serta peserta Tim II KKN Universitas Diponegoro. Kegiatan yang kali ini diselenggarakan bertujuan untuk menjadi sarana penyuluhan serta pemaparan dari pihak puskesmas dan peserta Tim KKN.

Penyuluhan yang diberikan oleh anggota puskesmas terkait dengan penyakit Kaki Gajah, di mana terdapat pengetahuan serta cara mencegah penyakit tersebut. Acara selanjutnya, diadakan kegiatan pengisian form terkait kesehatan oleh pihak puskesmas. Peserta tim KKN pun ikut memaparkan materi di forum tersebut. Govinda, peserta KKN yang berasal dari Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip memaparkan materi tentang Kawasan Rumah Pangan Lestari yang memiliki target sasaran mengoptimalkan perkarangan rumah dengan ditanami tanaman dan sayur-sayuran. Tidak hanya memaparkan materi, Govinda juga memberikan kantung Polybag serta benih seladan dan pakcoy sebagai output dari materi itu sendiri. Ada pun pemaparan materi dari Resa, mahasiswa Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan yang mengisi kegiatan. Ia memaparkan tips-tips pencegahan munculnya jentik nyamuk yang dapat berujung pada wabah Demam Berdarah. Uniknya, media yang dipaparkan untuk mencegah jentik nyamuk adalah ikan cupang. Di mana pada praktiknya, ikan cupang sebagai ikan hias akan ditaruh di dalam wadah atau bak yang memiliki potensi munculnya jentik nyamuk. Ikan cupang pun diyakini menjadi salah satu cara yang baik, karena dari segi efektivitas, ikan cupang dapat mengurangi probabilitas munculnya jentik nyamuk, serta dari segi estetika, ikan cupang merupakan ikan hias yang sudah umum dan memiliki tampilan yang indah.

Selain kedua mahasiswa tersebut, peserta tim KKN lainnya, membantu pelaksanaan acara dan kegiatan tersebut sekaligus melaksanakan observasi terkait organisasi PKK di Desa Terkesi. Kegiatan selesai pada sekitar pukul 12 siang, ditutup dengan foto bersama antara pengurus PKK, peserta kegiatan, perangkat desa dan mahasiswa-mahasiswi KKN Universitas Diponegoro.

Rabu (17/7) Foto bersama seusai kegiatan PKK di bulan Juli